Minggu, 25 Mei 2014

The North-Shore

Sebenarnya, olahraga sepeda gunung itu bermula di mana yaa?

Yaaap.
Sekilas pertanyaan di atas menjadi seakan sepele dan mungkin saja terlewat oleh sebagian dari kita yang sering mengayuh pedal sepeda model sepeda gunung (mountain bike / MTB). Pada dasarnya, pertanyaan di atas terkait erat dengan sejarah atau asal-muasal sepeda gunung. Kilas balik ke beberapa tahun belakang, sembari melakukan nostalgia revolusi sepeda baik dalam segi geometri maupun kelengkapan sepeda.

North-shore!!
Apa? North-shore?? Apakah itu suatu istilah atau nama tempat?
Mungkin penggila sepeda gunung tidaklah asing lagi dengan kata tersebut. Yaa. Tidak lain karena North-shore merupakan nama suatu distrik / kawasan sub-urban (daerah pinggiran kota) dari kota Vancouver, Kanada. Vancouver sendiri merupakan kota besar yang berada di negara bagian British-Columbia, Kanada. Sebagai pemisalan, Vancouver sebagai Jakarta dan North-Shore sebagai Depok atau Bogor. 

Yaaap, North-shore adalah kiblat sepeda gunung di seluruh dunia. Dari sini lah revolusi “sepeda biasa” menjadi sepeda gunung berasal. Revolusi dari segi geometri rangka sepeda, sistem peredam kejut, sistem pengereman sampai teknik bersepeda gunung.

“The North-shore suburbs of Vancouver, British Columbia are a world-reowned mecca for mountain biking” (Wikipeda)

North-shore, cukup banyak jalur off-road yang ditawarkan di wilayah ini. Variasi jalur off-road juga cukup mewakili teknik dan spesifikasi sepeda gunung.
Yaaap. North-shore!!!

Semoga bermafaat.
J


Tidak ada komentar:

Posting Komentar