Minggu, 22 Januari 2012

Jadwal Ganti Oli

#Haduh,apaan sih ini??

Yap,oli atau pelumas pada kendaraan bermotor itu ibarat darah yang mengalir pada tubuh manusia. Darah yang berfungsi menjaga metabolisme tubuh, menjaga suhu optimal tubuh, membuang racun dari tubuh, membersihkan organ tubuh dan beberapa fungsi lainnya..
Tidak beda dengan darah, fungsi oli-pun persis seperti fungsi darah. Oli atau pelumas di mesin kendaraan seperti halnya darah. Berikut fungsi utama oli:
1. Membersihkan mesin
2. Menjaga suhu mesin agar tetap berada pada suhu kerja optimal
3. Mengumpulkan geram-geram hasil gesekan komponen mesin

Mirip fungsi darah dalam tubuh kan??

#Terus.. Hubungannya dengan judul apa??

Dalam metabolisme tubuh, darah akan meremajakan diri pada saat-saat tertentu. Sama seperti darah, oli mesin-pun wajib hukumnya untuk mengalami peremajaan seperti halnya darah. Nah, berhubung mesin ga bisa melakukan peremajaan oli secara mandiri, maka pengguna lah yang akhirnya menanggung kewajiban tersebut. Ya, penggantian oli secara rutin pada waktu-waktu tertentu wajib dilakoni pengguna.
Penggantian oli dapat dilakukan pada waktu tertentu. Patokan penggantian oli yang paling benar adalah penggantian menurut "engine hour". Engine hour menandakan lamanya mesin berputar dalam hitungan jam. Tapi, kendaraan-kendaraan pribadi (motor dan mobil) biasanya tidak menyertakan engine hour meter. Alat pengukur waktu kerja mesin tersebut (engine hour meter) lumrah ditemukan pada mesin-mesin industri / pabrik.
Untuk mempermudah, jadwal ganti oli biasanya ditentukan berdasarkan jarak tempuh kendaraan atau waktu tempuh kendaraan (jika bahasa bengkel ditambahkan kata-kata: "mana yang tercapai lebih dulu") >>> Hehe.. Kreatif juga orang-orang bengkel yaa.

#Lanjut..

Ehmm.. Jadi, biasanya untuk sepeda motor, jadwal penggantian oli lumrah dilakukan setelah kendaraan menempuh jarah 2500 km. Jika dikonversi ke dalam waktu tempuh kendaraan, maka penggantian oli dilakukan setelah motor mengaspal selama 2,5 bulan (dengan asumsi jarak tempuh rata-rata per hari kerja adalah 40 - 50 km).

#Kalo lupa ganti oli gimana??

Baik sepeda motor ataupun mobil pasti menunjukkan respon negatif ketika "darah" dalam mesin mereka lupa diganti oleh empunya. Berikut tanda-tanda yang lumrah terjadi saat telat ganti oli:
1. Stadium 1 (telat sampai dengan 1000 km) >> Tarikan loyo, bensin boros
2. Stadium 2 (telat 1000 - 2000 km) >> Tanda2 stadium 1 + suara mesin mulai kasar
3. Stadium 3 (telat 2000 - 3000 km) >> Tanda2 stadium 2 + mulai keluar asap putih dari knalpot
4. Stadium 4 (telat > 3000 km) >>>>>>> Wassalam (volume oli di mesin berkurang drastis n banyak komponen yang bergesekan langsung tanpa redaman oli)

#So...

Yuk kita sayangi kendaraan kita sebagaimana kita sayang dengan badan kita sendiri.
Hehehe..



#JustShare
Semoga bermanfaat.. :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar